Masalah dan Solusi di Dunia PC dan Laptop

Bagi kita pengguna PC atau Laptop bisa dipastikan dalam mengoprasikannya menemui masalah-masalah sederhana pada hadware maupun software yang sebenarnya bisa diselesaikan sendiri, akan tetapi karena gak tau cara dan sebab problem tersebut pada akhir manggil tentangga, temen, pacar atau tukang servic untuk memperbaikinya dan tidak luput untuk ngeluarin gocek buat menganti jasa mereka, padahal kalau tahu sebab serta cara memperbaikannya pastinya kita idak repor-repot merepokan tukang service dan juga tidak perlu ngeluarin upah buatnya.

Selanjutnya sedikit melenceng dari tema postingan kali ini saya ada sedikit cerita…..
Kemarin dalam bulan-bulan peringatan kelahiran Rasulillah di lingkungan RT saya mengadakan acara peringan Maulid Nabi Muhammad SAW. dan mengundang hadirkan seorang penceramah, dan dalam penyampaian ceramahnya beliau menyampaikan yang intinya adalah sebagai berikut : “Berbagi dalam hal kebaikan adalah merupakan salah satu sunah rosul dan perbuatan yang sangat dianjurkan oleh agama, dengan kita berbagi maka kita akan mendapatkan pahala (kebaikan) apalagi kalau kebaikan yang kita bagi tersebut sangat bermanfaat bagi orang yang kita beri dan selanjutnya orang tersebut memberikannya kepada oranglain maka kebaikan yang kita dapat juga akan berlipat karena asal kebaikan tersebut adalah dari kita yang membagikan” dan beliau menambahkan petikan ayat dari Al-Qur’anul Karim yang maksud artinya insyaAllah begini “Barang siapa berbuat baik (dengan ikhlas) maka kebaikan itu akan kembali kepada dia yang berbuat baik akan tetapi sebalik barang siap berbuat jahat / ketidak baikan maka kejahatan / ketidak baikan tersebut akan kebali kepadanya”

Nah dari kronologi dan sedikit cerita tersebut saya berinisiatif untuk berbagi sedikit dari isi salahsatu bonus ebook yang kapan hari aku beli dari toko ebook Teknisi Komputer online yang sangat lengkap mulai A-Z (www.qbonk.com). Judul Ebook bonus tersebut adalah Pertanyaan – Jawaban Kerusakan Komputer. harapan saya semoga artikel ini ada manfaat bagi kita semua, pertanyaan dan jawaban yang saya sertakan disini hanya beberapa saya pilih yang sering terjadi kerusakan pada CP ataupun Laptop.

Pertanyaan : Laptop saya ketika dinyalakan, gak sampe 1 menit mati lagi. Mohon bantuannya. Trims
Jawaban : Kemungkinan penyebab;
• Ada hardware yg terlalu panas atau rusak. ini sering terjadi pada processor yang kepanasan. Untuk processor yang kepanasan ini harus diperiksa pendinginnya (kipas pendingin) jangan-jangan tidak jalan alias macet. Akibat lain dari ini adalah layar biru/blank.
• Kemungkinan konfik pada software. Ini mengarah pada konflik program yang terinstall dalam komputer. Akibat dari ini biasanya layar biru/blank juga dengan pesan tertentu.
• Penyebab lain adalah virus yang bersarang dalam komputer. Biasanya kalau virus penyebabnya komputer hanya langsung mati tanpa pesan pada layar.

Pertanyaan : PC saya ketika dinyalakan tidak ada tampilan gambar, berbunyi beep 1xpanjang disusul 2xpendek, setelah itu mati… Tolong solusinya ya.. Thanks…
Jawaban :
Untuk makna beep yang rusak pasti hardware. Penjelasan lengkapnya;
Kode Beep:                                            Deskripsi Masalah:

Tidak ada Beep                                        =>    Tidak ada power, CPU/MB rusak,Peripherals rusak
Satu kali Beep pendek                             =>    Semua normal pada POST berjalan baik
Dua kali Beep                                          =>    Kesalahan POST/CMOS
Satu Beep panjang, satu Beep                 =>    pendek Masalah Motherboard
Satu Beep panjang, dua Beep                  =>    pendek Masalah Video
Satu Beep panjang, tiga Beep pendek      =>    Masalah Video
Tiga Beep panjang                                  =>    Keyboard Error
Beep Panjang Berulang-ulang                  =>    Memory Error
Terus-menerus Hi-Lo Beep                      =>    CPU mengalami Overheating

Pertanyaan : Pak saya mau tanya monitor saya kadang-kadang keluar warna coklat, tapi cuma sekilas itu kenapa ya?
Jawaban :
Ada dua hal yang biasa menyebabkan keanehan pada monitor;
• Secara fisik ada komponen elektronika dalam monitor yg rusak terutama yang berhubungan dengan pengaturan warna (jika anda menggunakan monitor tabung crt). Untuk memperbaiki ini anda butuh jasa teknisi TV
• Hal lain adalah kerusakan pada VGA card. Tetapi pada kerusakan vga kadang-kadang disertai dengan gambar berkotak-kotak.

Pertanyaan : Mas, mau tanya nih, kenapa komputer setelah dinyalakan kemudian langsung mati, setelah saya hidupkan kembali kemudian mati lagi, lalu saya hidupkan lagi tiba-tiba ada suara gemerisik sekitar hard disk.. mohon bantuan.
Jawaban :
Hard disk Anda akan segera rusak, selamatkan data Anda selagi bisa.
Biasanya bunyi berisik itu berasal dari hard disk yang sedang sekarat.

Pertanyaan : Bang, komputer saya sering mati sendiri, sudah ganti PSU, install ulang tapi masih saja mati sendiri. Kira-kira penyebabnya apa karena RAM nya atau MOBO?
Jawaban :
Kalau sudah ganti PSU dan install ulang sistem operasi tidak juga menyelesaikan masalah, maka kemungkinan lain adalah Processor terlalu panas. Coba buka kipas pendinginnya dan bersihkan heatsink aluminiumnya.
Pastikan bahwa kipas pendingin CPU ini berfungsi dengan baik. Jika komputer menglami panas puncak maka dia akan mati sendiri dan setelah dingin bisa difungsikan lagi. Moga-moga bisa membantu. Terima kasih.

Pertanyaan : Bang, komputer saya mempunyai masalah dengan panas yg terlalu berlebihan, padahal kipas nya hidup, tapi almanium pendinginya panas, apa yg harus saya lakukan.
Jawaban :
Jika komputer terlalu panas sementara kipas pendingin jalan normal, solusinya :
1. Buka fan cooler Processor lalu bersihkan aluminium pendingin dari debu. Walaupun kipas pendingin jalan normal tetapi kalau pendingin berdebu tetap saja panas.
2. Solusi lain jika no.1 diatas tidak berhasil adalah tambahkan satu lagi kipas pengisap pada casing menghadap ke belangakan. Ambilkan strom dari power suply utama. Sambungannya sudah tersedia. Mudah mudahan berhasil.

Pertanyaan : Saya sudah mempartisi harddisk laptop saya menjadi 3 partisi (C, D, dan E). Saya punya dvd recovery toshiba untuk laptop saya. Apakah dengan dvd recovery itu saya bisa mengistal windows hanya pada partisi C saja. Makasih atas infonya.
Jawaban :
Untuk menginstall windows sebetulnya dimana saja bisa, entah drive c,d,e atau yg lain juga bisa. Tetapi jika anda hendak melakukan repair windows tentu hanya akan terinstall pada drive dimana sistem operasi sekarang berada

Pertanyaan : Mas kenapa laptop OS Windows 7 tidak bisa install office 2007?. Saya pake office 2007 enterprise sebelumnya Os yang dipake adalah window XP 2. Ketika saya install office 2007 banyak pesan yang muncul misalnya tidak di temukan OfficeLR.cab tetapi setelah beberapa kali saya coba install lagi malah muncul pesan “Microsoft Office enterprise 2007 encountered an eror during setup” padahal pada laptop atau komputer lain yang pake windows XP office bisa di install mas hanya di laptop saya aja ga bisa. Knp ya mas????
Jawaban :
Hal itu bukan karena office tidak kompatibel dengan windows tetapi ada beberapa masalah dasar;
• Proses instalasi tidak berjalan dengan sempurna. Penyebabnya bisa jadi cd installer kotor. Jika diisntall pada laptop lain dengan cd installer sama dan berfungsi dengan baik maka berarti optik CD ROM drive anda kotor sehingga tidak dapat membaca dengan baik cd installer.
• Apakah anda menggunakan office dan windows 7 original? sangat banyak terjadi jika windows 7 tidak original sering menolak program tertentu dan sering rewel.
• Jika optik CD ROM anda kotor, jalan keluarnya adalah copy office 2007 pada flash disk dengan menggunakan laptop teman anda, lalu install pada laptop anda melalui flash disk

Pertanyaan : Mas mohon bantuan…Laptop ku gak bisa menampilkan apaapa lagi… Tapi gak mati total…, cd roomnya masih bisa dibuka. Itu masalahnya apa ya mas…
Jawaban :
Untuk mengetahui kira-kira letak kerusakan, ada beberapa langkah;
• Rebot laptopnya, apakah tampilan BIOS ada? Jika ada berarti yang masalah adalah sistem operasi. Jika BIOS pun tidak muncul sementara yang lain berfungsi seperti CD ROM masih bisa dibuka, maka kemungkinan monitor Anda sudah kalah. Mohon periksa monitor.
• Pada kasus tidak tampilan sama sekali yang disebabkan oleh hardware maka yang harus Anda periksa adalah; MEMORI dan VGA. Silakan dicek

Pertanyaan : Mau tanya apakah bisa menginstal windows tanpa menghapus data di drive C: ???
Jawaban :
Asalkan ada cd installer, bisa dilakukan install repair dengan tidak menghapus data pd drive c. Install repair hanya mengganti file-file sistem operasi yang hilang atau rusak. Tapi ada resikonya, seandainya ada virus dalam komputer maka virus itu akan tetap ada walaupun sudah diinstall repair.

Pertanyaan : Mas, mau tanya, komputer saya selalu menampilkan “reboot and select proper boot device or insert boot media in selected boot device” saat saya nyalakan…saya restrat berulang2, masih seperti itu…udh lumayan cape akhirx bisa juga masuk desktop, tapi nanti kalo start ulang pasti gitu lagi… apakah itu masalah pada sistem operasi saya? Sebagai info saya pakai Win 7, mohon bantuannya… ^_^
Jawaban :
Masalah itu ada pada proses BIOS, bukan pada masalah sistem operasi. Tepatnya yang anda alami adalah masalah hardware. Hanya satu hardware yang mempunyai pesan seperti itu yaitu “Hard disk”. Kemungkinannya ada 3
• Setting pada BIOS yg salah, artinya hard disk sering tidak ter-set sebagai first boot sehingga BIOS selalu mencari dimana OS yg akan diloading.
• Kabel hard disk longgar atau tidak tepat pada tempatnya. Buka kabel hard disk lalu pasang kembali dengan benar
• Kemungkinan paling buruk adalah hard disk akan segera rusak atau sudah rusak.

CATATAN : Kerjakan saran diatas secara berurutan. Jika anda mengerjakan no 1 dan masalah selesai, tdk perlu meju ke nomor 2

Pertanyaan : Mas mau tanya laptop acer mau install ulang tapi tidak bisa karena CD ROM nya sudah lama rusak. Gimana jalan keluarnya supaya saya bisa install?
Jawaban :
Ada 2 jalan keluar;
• Gunakan CD ROOM eksternal (koneksi menggunakan USB) lalu install dari sana.
• Gunakan bootable flash disk yang didalamnya berisi file-file sistem operasi untuk diinstall ke laptop Anda.

Pertanyaan : Mas, kalo PC nyala tapi dilayar tidak ada tampilan sama sekali, gimana jalan keluarnya? Saya coba ganti monitor, VGA card, cek memory di Motherboard lain (normal), slot udah dibersihkan,dicek Power Suply normal,tapi tetephasilnya nihil…
Jawaban : Kalo begitu coba lakukan ini;
• Lepas kabel data dan kebel power dari perangkat; CD room, Hard disk, lalu pasang komputer kembali.
• Jika setelah langkah 1 diatas BIOS jalan normal (ada tampilan dan tulisan) maka salah satu dari kedua alat tadi yang rusak. Mulailah memasang kabel hard disk kembali lalu jalankan lagi komputer dan amati. Begitu juga proses selanjutnya adalah pasang kabel CD room.
• Jika setelah melewati nomor 2 diatas tidak ada juga tampilan, kemungkinan paling mendekati adalah Processor Anda rusak.

Pertanyaan : kak..minta bantuannya dong. komputer ane pas lagi hidup tiba2 mati, lampu led power hijau dan merah nyala semua. Semua kipas nyala termasuk kipas power supply. Monitor “no signal” sudah tak coba
lepas-pasang lagi Memorynya masih tetap mati cuma lampu powernya yg hidup. Tak coba lepas hardisk lalu pasang ke CPU lain sebagai hard disk utama tapi ternyata “boot failure” gitu. Apa yg harus dilakukan kak. Datanya belum di back up. Mohon bantuannya.
Jawaban :
Kelihatannya memang agak berat, tapi masih ada cara utk selamatkan data;
• Jika anda ingin selamatkan data, hardisk-nya bisa dibuka trus gandeng dikomputer lain trus backup datanya ke tempat lain mis cd/dvd
• Kemugkinan besar hard disk sudah kalah. Jika ada hard disk cadangan coba pasang dulu lalu start kembali komputer. Jika jalan normal berarti memang hard disk kalah.
• Power supply anda masih baik jadi kemungkinan yg paling masuk akal adalah hard disk atau memory yg rusak.

Pertanyaan : mas…mo tnya lagi nee…gimana caranya ngebalikin setingan Bios kembali ke default…kemaren2 udah diotak-atik tapi belum ketemu…..makasih.
Jawaban :
Silakan restart komputer, ketika layar masih hitam tekan tombol “Delete” sampai muncul jendela BIOS option, selanjutnya pilih Menu “Exit” lalu pilih sub menu “Load Setup Default” atau apapun namanya (tergantung MB) yang penting ada kata “Default”. Sesudah itu simpan settingan lalu restart komputer.

Pertanyaan : Mas mau nanya..waktu loading windows monitor saya normal, tapi begitu masuk tampilan desktop monitor saya hanya ada garis lurus ke bawah, layar tidak bisa terbuka (kiri kanan) mohon bantuannya mas, terimakasih banyak.
Jawaban :
Saya andaikan anda menggunakan monitor tabung, kerjakan yg ini;
• Coba ganti dengan monitor lain dulu jika kasusnya sama maka bukan monitor yg rusak
• Jika dengan mengganti monitor menyelesaikan masalah maka monitor pertama anda rusak. Itu harus dikerjakan oleh teknisi televisi.

Pertanyaan : Gan ane maw nanya nih, komputerku kemaren tiba2 hang dan ketika mau masuk lagi ada tulisan “safe mode and start windows normaly” ane klik tuh masuk loading screen windows tapi setelah beres malah blank aja monitor jadi gelap. Sudah ane bersihin RAM, ane install ulang tapi tidak bisa juga malah hang juga pas booting install windows. Mohon pencerahannya??? terima kasih
Jawaban :
Jika anda yakin memory masih sangat baik, kemungkinan hard disk anda akan segera rusak. Untuk mengetes;
• Lepas semua kabel hard disk lalu start komputer anda. Jika bios berjalan normal maka berarti hard disk yg rusak.
• Jika dalam proses no 1 diatas BIOS tidak jalan maka berarti memory rusak.

Pertanyaan : Asslamualaikum, mas mau nanya lagi mas ceritanya gini kan aku mau instal windows nah sebelum cd room di colokin hardis terbaca di bios tapi kalo, sudah cd rom di colokin nah itu ilang semua (hahrdisk sma cd rom tidak terbaca) gimana selusinya mas,,,?? di tunggu jawabannya.
Jawaban :
Biasanya disebabkan oleh regulator cd rpm drive rusak. Dalam keadaan itu, biospun tdk akan bisa diakses. Coba cd rom drive dengan yg lain trus coba lagi. Pastikan juga kabel cd rom baik adanya.

Itulah sobat beberapa  Masalah dan Solusi di Dunia PC dan Laptop semoga bermanfaat, jika sobat berminat untuk menjadi Teknisi Komputer Handal atau minimal bisa memperbaiki CP/Laptop sendiri secara profesional saya rekomendasikan untuk membeli Ebook Teknisi Komputer di Toko Ebook Online di www.qibonk.com karenaebook – ebook yang di tulis oleh Bapak Agus Sale S.Pd ini sangat lengkap dan dapat diandalkan untuk BelajarTeknisi Komputer dan jangan lupa ikun link affiliate saya ya yaitu http://www.qbonk.com/paket-diskon?reg=amanah01 agar saya dapat komisi karena saya yang mengenalkan produk ini kepada sobat sekalian dan sobat juga mendapatkan diskon. “lebay…. hahaha….”

Oke sobat dibawah ini saya sertakan juga coper ebook Pertanyaan – Jawaban Kerusakan Kompute

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s