FB-Interactive Classroom #5 : Mengelola Nilai dari Facebook

FB-Interactive Classroom #5 : Mengelola Nilai dari Facebook: FB-Interactive Classroom #5 : Mengelola Nilai dari Facebook:
Pada dasarnya, adalah hak guru untuk menentukan cara dalam memberi apresiasi atau penghargaan berupa nilai, baik kognitif, psikomotorik maupun afektif, kepada siswa atas semua aktivitas dalam ruang kelas yang telah dilakukannya.
Jika dalam E-Learning Moodle kita bisa merekam semua aktivitas siswa sekaligus memberi penghargaan (nilai) sesuai kompetensi siswa dalam melakukan aktivitas yang telah ditentukan, maka pada ruang kelas Facebook guru pun bisa melihat rekaman aktivitas siswa dalam ruang kelas tersebut.
Akan tetapi, sistem pada Facebook belum bisa memberi score/nilai pada semua aktivitas tersebut secara otomatis (kecuali aktivitas Quiz Online yang menggunakan media pembuat kuis lain seperti Proprofs.com dan lainnya). Hal ini dikarenakan sistem pada Facebook memang tidak diciptakan untuk hal yang demikian.
Namun demikian, guru tetap bisa memberikan penilaian secara objektif atas semua aktivitas siswa dalam ruang kelas Facebook berdasarkan nilai-nilai karakter yang terbaca dan terekam dalam Ruang kelas tersebut.
Berikut salah satu cara merekam nilai aktivitas siswa dalam ruang kelas Facebook yang bisa kita lakukan:
1. Jika aktivitas yang dilakukan berupa kuis interaktif yang menggunakan media pembuat kuis interaktif (Proprofs, misalnya), maka kita bisa mendapatkan rekaman nilai siswa tersebut dengan cara mengeklik Menu Reports & Attempts pada Dashboard Proprofs.com, kemudian mendownloadnya ke dalam format XLS (Ms Excel). Selanjutnya kita bisa mengolah nilai tersebut untuk digabungkan dengan nilai penugasan lainnya.

2. Jika aktivitas yang dilakukan berupa Diskusi dalam ruang kelas Feacebook, maka nilai karakter yang bisa digunakan guru sebagai acuan penilaian (secara manual) aktivitas berdiskusi dalam ruang kelas Facebook antara lain :

  • Aktivitas (keaktifan) dalam diskusi baik dalam menjawab topik diskusi yang ada maupun melempar topik diskusi baru.
  • Kualitas jawaban dalam berdiskusi
  • Sikap dalam berdiskusi (mencakup cara menyatakan pendapat, berkomunikasi, menghargai pendapat orang lain, demokratis dan seterusnya)
  • Dan kriteria lain yang sesuaikan dengan kondisi siswa dan kelas

3. Sedangkan untuk penilaian atas penugasan (Assignment) yang kita berikan kepada siswa, kita bisa memberikan penilaian (secara manual) berdasarkan pada :

  • Ketepatan waktu pengerjaan tugas
  • Kualitas hasil pekerjaan
  • Keaslian hasil perkerjaan
  • Kerapian dan seterusnya…

Optimalisasi Ruang kelas Facebook dengan memanfaatkan fasilitas Message untuk mengirimkan / dan menerima tugas dari dan untuk siswa, membantu mempermudah kita dalam merekam aktivitas siswa dalam ruang kelas Facebook ini.
Kita bisa membuat email untuk ruang kelas Facebook dengan cara memilih Menu Setting > Edit Group.

Selanjutnya pada pilihan Email, klik tombol .
Pada kotak dialog Create group email address, isikan nama Email, dan klik Create email address.

Maka sebuah email untuk group (kelas) Facebook telah siap digunakan untuk mengirim dan menerima tugas siswa.
Nilai yang terkumpul, selanjutnya bisa kita olah lagi untuk kemudian diberikan kembali kepada anak sebagai bentu penghargaan atas semua aktivitas yang telah dilakukannya.
Terakhir, saran saya, sebelum memanfaatkan Facebook sebagai media pembelajaran di sekolah, sebaiknya kita mensosialisasikan pada lingkungan tempat kerja kita, untuk menghindari persepsi negatif atas penggunaan Facebook pada jam pelajaran di sekolah.
Selamat ber-Facebook-an, mudah-mudahan kita selalu bisa memanfaatkan perkembangan teknologi secara positif sehingga teknologi bisa membawa manfaat bagi kita dan anak didik kita. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s