Membuat SubDomain / Komunitas Sekolah di Edmodo

Membuat SubDomain / Komunitas Sekolah di Edmodo: Membuat SubDomain / Komunitas Sekolah di Edmodo:
Kalau selama ini anda dan teman2 anda (dalam satu sekolah) menggunakan Edmodo untuk ‘ruang kelas maya‘ pada pembelajaran secara terpisah (sendiri-sendiri), mungkin ada baiknya kelas-kelas yang terpisah itu kita kumpulkan menjadi satu, dalam satu wadah/komunitas yang mewakili instansi/daerah anda.
Pada dasarnya, Konsep Komunitas pada edmodo ini sama dengan group/kelas yang kita gunakan selama ini (saat mendaftar ke Edmodo pertama kali). Hanya saja, Komunitas ini bisa dibilang mempunyai hierarki yang lebih tinggi dari ruang yang telah kita gunakan selama ini.
Tujuan dibuatnya komunitas pada Edmodo ini biasanya untuk mengumpulkan orang – orang yang memiliki identitas sekolah/daerah (School/district) yang sama.
Membuat komunitas dalam Edmodo, berarti anda membuat subdomain tersendiri dari domain Edmodo berdasarkan nama sekolah/daerah/nama komunitas yang anda inginkan. Jadi Edmodo menyediakan subdomain yang bisa kita manfaatkan sebagai identitas sekolah/daerah di mana kita bernaung.
Misalnya, saya sebagai Admin SMKN 3 Jombang, ingin membuat subdomain di Edmodo untuk E-Learning di sekolah saya, maka saya bisa membuat Subdomain dengan nama smkn3jbg.edmodo.com untuk menampung ‘ruang kelas’ guru-guru SMKN 3 Jombang.
Nah, jika anda tertarik membuat Subdomain untuk Sekolah/Daerah anda menggunakan Edmodo, berikut langkah-langkahnya:
Note : sebelum melakukan registrasi ini, anda harus mempunyai account sebagai Teacher di Edmodo.
1. Bukalah situs Edmodo, ketik pada address bar http://www.edmodo.com.

2. Pilih School & District.
3. Pada Username dan Password, isilah dengan Account Edmodo anda atau sekolah anda (yang sudah dibuat sebelumnya).
4. Klik tombol Login.
5. Pada halaman Sign up for your free School/District Edmodo Web Address, isilah informasi tentang komunitas yang akan dibuat (Job Title dan Phone Number)

6. Klik tombol Sign up for School Features.
Pada halaman selanjutnya, isilah nama subdomain sekolah yang diinginkan pada isian School Subdomain, misalnya smkn3jbg.

Beri tanda centang pada I agree to the terms of service.
7. Klik Sign up, maka akan tampil :
8. Selanjutnya, Edmodo akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran subdomain sekolah (school) yang baru saja dilakukan. Periksalah email anda.
9. Saat itu juga, Edmodo akan memverifikasi dan pemproses pendaftaran subdomain school anda dalam beberapa hari. Proses ini biasanya membutuhkan waktu paling sedikit 1 hari.
10. Jika Edmodo menyetujui permintaan pendaftaran subdomain anda, maka Edmodo akan mengirimkan email konfirmasi bahwa subdomain sudah aktif dan bisa anda gunakan :

Pada email tersebut, terdapat informasi nama subdomain Edmodo anda yang telah aktif dan kode sekolah anda.
10. Klik Subdomain Edmodo anda (http://smkn3jbg.edmodo.com), yang ada pada email konfirmasi tersebut untuk membuka Komunitas sekolah Edmodo anda.
11. This is it…. !!! Subdomain Edmodo anda sudah siap digunakan!!!!
Selanjutnya anda bisa mengundang semua guru di sekolah anda yang sudah menggunakan Edmodo, untuk bergabung dengan komunitas sekolah yang baru saja anda buat. Caranya dengan menginformasikan kode sekolah yang ada pada email tersebut. Gampang ‘kan???
Note : Sepanjang pengalaman saya, butuh proses yang agak lama untuk mendapatkan Subdomain di Edmodo ini. Saya mencoba mendaftar (sign up) beberapa kali, dan baru berhasil setelah 3x mendaftar. Itupun setelah saya mengirimkan email secara pribadi ke Edmodo Team, berisi permohonan supaya registrasi subdomain, di-approve.
Jadi, jika anda memang menginginkan Subdomain di Edmodo ini, dan belum disetujui, harap bersabar…coba lagi..dan lagi :P
Mudah-mudahan bermanfaat :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s