Memanfaatkan Google Chrome Sebagai Aplikasi Darurat

Memanfaatkan Google Chrome Sebagai Aplikasi Darurat:


googlechrometutorial.com

Apa itu internet? Yang terbayang di benak Anda mungkin saja komputer yang bisa mengakses facebook sebagai sarana hang out, google untuk melakukan pencarian webpage, dan 4shared untuk mengunduh file. Namun sejatinya internet lebih dari itu, karena pada hakikatnya internet adalah komputer yang saling terhubung secara global. Sehingga apa yang kita lakukan di internet tak ubahnya mengoperasikan komputer orang lain (server) dengan menggunakan komputer sendiri (client) sesuai dengan akses yang diizinkan.
Dengan melihat celah ini, Google tampaknya ingin menjadikan internet sebagai komputer kedua bagi kita. Hal ini dapat dilihat dari peluncuran Google Docs (sekarang namanya Google Drive) yang dapat menyimpan sekaligus menyunting berkas, dan Picasa untuk mengedit foto. Dengan begitu internet bukanlah hanya mengunjungi webpage atau untuk mengunggah dan mengunduh, tapi juga di dalamnya kita bisa mengerjakan tugas secara online. Bahkan bisa jadi kita tidak membutuhkan lagi program aplikasi yang berlisensi mahal dalam bahasa Inggris pula.
Maka tak heran jika Google menjadi pesaing berat bagi Microsoft dan Apple yang telah mapan. Apalagi ide-ide Google yang inovatif terkadang tak mampu ditandingi oleh pesaingnya. Bahkan Google tengah mengembangkan produk Google Glasses berupa kacamata pintar yang dapat berfungsi sebagai internet browser. Salah satu produk Google yang laris manis di pasar adalah web browser yang bernama Google Chrome. Web browser ini mampu menggeser posisi Mozila Firefox sebagai web browser favorit dan tentunya mengenyahkan eksistensi Internet Explorer di jagat dunia maya.
Sebagaimana kita ketahui, Google Chrome bisa diunduh secara gratis dan  dapat dioperasikan menggunakan bahasa Indonesia, sehingga sangat mudah digunakan meskipun oleh orang yang tidak terlalu paham bahasa Inggris. Google juga menyediakan translasi gratis secara otomatis manakala web page yang ditampilkan tidak berbahasa Indonesia. Selain kelebihan tadi, Google Chrome bisa dijadikan program aplikasi darurat, jika program aplikasi “wajib” bagi pelajar tidak ada di komputer. Bisa jadi suatu ketika Anda mendapat tugas dari guru dan harus mencari informasi lewat browsing di internet. Lantas Anda pergi ke warung internet (warnet) untuk melakukan browsing,  namun apes menimpa Anda karena ternyata Microsoft Word tidak ada di komputer tersebut. Padahal Anda ingin melakukan penyuntingan terhadap informasi itu sebelum dicetak. Apakah dunia Anda akan berakhir karena hal ini? Tentu saja tidak, sebab ternyata kita bisa mengoperasikan Google Chrome lebih dari sekadar web browser saja. Di bawah ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan di Google Chrome:
1. Browsing File
Suatu ketika Anda browsing internet di warnet atau anda meminjam PC (Personal Computer) teman. Ternyata di komputer itu tidak ada program aplikasi penjelajah data (file explorer) seperti Windows Explorer. Jangan khawatir, Anda masih bisa melacak file tersebut dengan menggunakan Google Chrome. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada address box, ketikkan file:///D:/ untuk menuju ke local disk D
  2. Klik Enter
  3. Jika Anda ingin menuju local disk C, ubah huruf D menjadi huruf C, menjadi file:///C:/, kemudian klik enter.

Namun untuk menyalin (copy), menempel (paste), memotong (cut), dan menghapus (delete) tidak bisa kita lakukan di Google Chrome. Karena yang tersedia di Google Chrome hanya link untuk membuka file tersebut beserta dengan rincian singkat berupa ukuran dan tanggal modifikasi.
2. Menjalankan file multimedia.
Ingin internetan sambil nyantai? Atau ingin mendengarkan lagu sambil browsing? Jangan-jangan sambil menunggu loading Anda ingin menonton video klip artis kesayangan Anda? Cara singkatnya yaitu dengan pergi ke Youtube. Tapi dengan membuka video di Youtube tentu akan memperlambat dan mempengaruhi kecepatan loading internet, padahal video tersebut sudah diunduh sebelumnya dan tersimpan rapi di komputer Anda. Di Google Chrome Anda bisa menjalankan file multimedia di tab baru, sehingga menonton video atau mendengar lagu dapat dilakukan sembari browsing di internet. Demikian juga jika Anda offline, Anda masih tetap dapat menjalankan file tersebut.
Untuk file suara, yang bisa diputar adalah file dalam format .mp3 .wav dan .wma. Adapun untuk video, yang bisa dimainkan adalah yang berformat .mp4 dan .wmv. Sementara untuk foto, hampir semua format bisa Anda buka, seperti format .jpg .png .gif .bmp. Tapi ingat, untuk beberapa format yang tidak bisa dibuka oleh Google Chrome nanti file tersebut akan muncul berupa hasil unduhan yang dapat Anda periksa dengan menekan Ctrl+J. Sedikit tips bagi Anda, Google Chrome biasanya akan merekam semua aktivitas Anda dan akan muncul dalam riwayat. Oleh karena itu sebaiknya gunakan mode jendela penyamaran saja.
3. Membaca PDF
Beberapa tahun belakangan, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan program Buku Sekolah Elektronik (BSE) untuk mengantisipasi mahalnya harga buku pelajaran (text book) yang terus membumbung naik setiap tahunnya. Buku sekolah ini bisa diunduh secara gratis di alamat ini. Ada dua pilihan, yaitu kita dapat  membaca secara online atau mengunduh buku tersebut dalam format .pdf setelah kita mendaftar dan login di situs tersebut. Bagi sobat MJErs yang di komputernya tidak ada program aplikasi pembaca PDF seperti Adobe Reader, jangan takut, karena Anda bisa membaca PDF di Google Chrome. Hal ini karena Google sengaja bekerjasama dengan Adobe untuk menanamkan Adobe Flash Player Versi 10.x di Google Chrome sebagai plug-in standar. Beberapa menu yang ada di Adobe Reader juga ada di sini, meskipun hanya sebatas pada mencetak, menyimpan, dan memperbesar atau memperkecil layar. Selain itu kita juga dapat melakukan copy paste walaupun terbatas pada teks saja dan kita bisa mengubah arah tampilan ke kanan atau ke kiri tergantung pada kebutuhan.
4. Melakukan office task
Sebagaimana yang sedang ngetrend di jagat internet belakangan ini, beberapa perusahaan lebih demen untuk menggunakan program aplikasi secara online. Karena hal ini akan lebih menambah efisiensi dari segi penggunaan waktu. Umpamanya, ada berkas yang harus diperbaiki, tidak perlu harus bolak-balik mengirim data atau file, cukup merevisi atau sekadar merapikannya dalam jaringan (daring). Salah satu penyedia jasa ini adalah Google Drive. Di dalam Google Drive ini Anda bisa melakukan task office (tugas kantor) yang biasanya diolah menggunakan Microsoft Office. Seperti program pengolah kata, pengolah data, presentasi, form, dan program pengolah gambar/grafis. Semuanya bisa Anda lakukan secara gratis. Bahkan Anda bisa mencetak hasil pekerjaan Anda setelah selesai atau mengunduhnya dalam berbagai format yang tersedia. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa dilihat di sini
5. Aplikasi pengolah kata
Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan Google Drive secara online. Tapi bagaimana jika tiba-tiba koneksi internet Anda ngadat? Padahal Anda harus melakukan sedikit penyuntingan pada informasi yang Anda dapat di internet sebelum mencetaknya, sementara aplikasi MS Word tidak ada di komputer tersebut, misalnya Anda browsing dari warnet. Stay cool, Anda tetap bisa melakukan pengolahan kata menggunakan HTML yang bisa digunakan pada Google Chrome.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka Google Chrome
  2. Kemudian muncul halaman awal. Apapun itu, klik kanan > pilih Periksa elemen.
  3. Lalu akan muncul HTML source di bawahnya. Cari tag <body></body>, kemudian klik kanan > pilih Delete node
  4. Setelah semua tulisan di halaman Google Chrome hilang (tulisan di HTML source tetap ada), cari tag <html></html>, klik kanan > pilih Edit as HTML
  5. Ketikkan teks yang Anda inginkan di antara tag <html></html>. Jika sudah selesai, klik di luar box tempat Anda mengetikkan teks tadi

Untuk melakukan beberapa manipulasi, Anda dapat menggunakan beberapa tags. Peringatan penting, jika Anda ingin memanipulasi teks, sebenarnya hampir mirip dengan memblock teks. Oleh karena itu, teks yang ingin Anda manipulasi harus dibatasi, yaitu dibuka dengan <> dan ditutup dengan </>. Adapun tags yang dapat Anda gunakan dapat Anda lihat di sini.
Bahkan kode HTML bisa digunakan untuk menyisipkan gambar, video, suara, tabel, link, dan form. Namun di sini kami hanya membahas tentang cara menjadikan Google Chrome sebagai aplikasi darurat. Jika Anda memang berminat untuk mempelajari kode HTML, kami sarankan Anda untuk mengunjungi halaman ini. Bila Anda ingin mencetak hasil pengolahan kata tersebut setelah selesai,  silahkan ketik Ctrl+P.
6. Sebagai auto correct
Untuk menghasilkan karya tulis yang bermutu, selain memerlukan inspirasi dan jiwa yang peka, juga membutuhkan faktor teknis yang mendukung. Andaikan ada sebuah novel yang “menyentuh”, tetapi di sana-sini terdapat kesalahan ketik dan kesilapan teknis lainnya, tentu saja novel itu menjadi tidak enak dibaca, dan tidak diragukan lagi hal ini akan sangat mengganggu pembaca dan bisa jadi pembaca akan salah memaknai maksud dan tujuan penulis novel tersebut. Maka dari itu, pada setiap karya tulis yang berkualitas dibutuhkan seorang editor yang handal.
Untuk mempermudah pekerjaan penulis dan editor, Google Chrome sebenarnya bisa dijadikan alat untuk mengkoreksi naskah yang dibuat. Hal ini karena Google Chrome tersedia dalam bahasa Indonesia. Berikut ini adalah cara menggunakan Google Chrome sebagai auto correct.

  1. Buka Google Chrome
  2. Seperti yang sudah dijelaskan pada point 5, klik kanan > Periksa elemen. Setelah itu, hapus semua kode HTML kecuali tags <html></html>
  3.  Lalu klik kanan, pilih Edit as HTML. Diantara tags <html></html> ketikkan ini: <textarea rows=500 cols=100></textarea>
  4. Nanti akan muncul form yang bisa Anda ketikkan teks di dalamnya seperti di program aplikasi Notepad.

Nah, coba Anda ketikkan beberapa kata, nanti jika kata-kata itu tidak benar dan tidak terdapat dalam bahasa Indonesia, niscaya akan muncul garis merah di bawahnya. Atau bisa juga Anda copy tulisan yang telah Anda buat lalu Anda paste di form itu. Jika ini tidak berfungsi, silahkan klik kanan lalu pilih Pilihan pemeriksa ejaan. Siapa tahu Anda belum menyetel bahasa Indonesia sebagai bahasa default.
7. Membuat presentasi
Google Chrome dibuat untuk presentasi? Ada-ada saja ya. Namanya juga darurat, apa aja boleh asalkan bisa. Bukan hal yang mustahil kan jika suatu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Atau mungkin Anda ingin tampil beda dibanding presentasi yang lain? Boleh-boleh saja. Sebuah presentasi yang bagus harus mempunyai isi yang lengkap, menarik, namun ringkas dan mudah dipahami. Selain itu agar tidak membosankan, bisa ditambah dengan efek khusus seperti teks berjalan. Adapun HTML source untuk membuat teks atau objek berjalan bisa dilihat disini. Setelah semuanya selesai, Anda dapat menyimpannya sebagai halaman web lengkap dengan mengetik Ctrl+S. Mungkin saja Anda membutuhkannya di kemudian hari.
Itulah beberapa kelebihan Google Chrome yang bisa kita manfaatkan sebagai aplikasi darurat. Satu hal yang perlu Anda ketahui, secara default Google Chrome akan merekam semua file atau alamat yang Anda buka di dalam Riwayat. Jika Anda merasa terganggu dengan hal ini, Anda bisa menggunakan mode penyamaran dengan mengklik Ctrl+Shift+N. Dalam mode penyamaran, apapun aktivitas Anda tidak akan direkam oleh Google, termasuk kata sandi yang Anda masukkan.
Selain itu, Anda juga dapat menghemat energi dengan “mengutak-atik” Google Chrome ini. Umpamanya Anda ingin membaca ebook dalam format pdf sambil mendengarkan lagu. Jika Anda menjalankan program aplikasi Adobe Reader dan MP3 Player bersamaan, tentu akan menambah berat kerja komputer karena membuka dua program aplikasi sekaligus dan akan memakan daya yang lebih banyak. Sementara di Google Chrome, Anda hanya perlu membuka ebook dan lagu di tab yang berbeda namun masih dalam aplikasi yang sama. Sudah saatnya kita manfaatkan komputer dan internet sebagai sarana untuk memperlancar aktivitas sehari-hari dan mengembangkan nilai-nilai positif lainnya, bukannya malah kita yang kecanduan gaming atau terlalu eksis di dunia maya hingga lupa waktu dan kewajiban. Artinya kita lah yang mengatur komputer, bukan komputer yang mengatur kehidupan kita.

mjeducation.co
blogabduh.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s