Update Status Sambil Mencari Kerja, Apa Bisa?

Update Status Sambil Mencari Kerja, Apa Bisa?:


sxc.hu

Apakah Anda adalah seorang yang selalu mengupdate status dan aktivitas di jejaring sosial, tapi masih belum beruntung mendapat pekerjaan? Seabrek julukan dan komentar miring biasanya akan diarahkan kepada Anda. Suka menghabiskan waktu, hanya menghabiskan uang orang tua, tidak mandiri, dan banyak lagi ejekan yang dialamatkan kepada Anda. Eits, jangan putus asa dulu, karena sekarang mencari informasi lowongan kerja tidak perlu repot-repot lagi. Banyak alternatif yang bisa Anda ambil, seperti mengunjungi pemeran-pameran job fair, mengunjungi situs yang memang bergerak di bidang pencarian lowongan kerja, Atau bahkan sekarang Anda bisa menemukan informasi lowongan kerja di jejaring sosial facebook.
Jika selama ini Anda hanya menjadikan facebook sebagai sarana komunikasi, hiburan, atau hanya ingin sekadar ngetop di dunia online, maka ada baiknya Anda membaca kabar gembira ini. Social Jobs belum lama ini meluncurkan sebuah aplikasi seru di facebook yang ditabalkan sebagai “Social Jobs Partnership”. Aplikasi ini merupakan hasil kerjasama Social Jobs dengan lima perusahaan penyedia informasi lowongan kerja lainnya, yaitu Jobvite, US.jobs, WORK4LABS, Branch Out, dan Monster. Sehingga hasil pencarian yang ditampilkan merupakan informasi yang tersedia dari kelima perusahaan tersebut. Hebatnya lagi, aplikasi ini tidak seperti aplikasi lainnya yang terkadang menjadi spam. Beberapa aplikasi tak jarang membuat status di kronologi facebook kita bahkan mengirim tautan ke kronologi teman tanpa sepengetahuan kita.
Cara penggunaannya juga cukup friendly dan easy to use. Walaupun bahasa yang tersedia masih bahasa Inggris, namun Anda tidak akan kesulitan menggunakannya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pencarian, selain itu Anda juga dapat menentukan di mana lokasi pekerjaan yang diinginkan. Bahkan Anda bisa menentukan sendiri kantor tempat bekerja yang diinginkan berdasarkan jarak dari pusat kota, mulai dari radius 5 mil hingga 100 mil.

Jika merasa ragu dengan skill dan kemampuan Anda, jangan takut, aplikasi ini juga menyediakan pekerjaan berdasarkan kategori yang diinginkan. Kategori yang tersedia antara lain: akuntansi, konstruksi, bisnis dan manajemen, desain, perusahaan media massa, pendidikan, jasa keuangan, jasa pengantaran makanan, jasa reparasi, teknologi informasi, kantor hukum, pengangkutan, manufaktur, pemasaran, asuransi, penelitian, dan jasa pengamanan. Di samping itu juga tersedia subkategori yang mungkin membantu Anda menemukan tempat kerja yang lebih spesifik dengan kemampuan dan kebutuhan.
Tunggu apa lagi, tinggal klik alamat ini, setelah itu masukkan jenis pekerjaan atau nama kantor yang Anda inginkan di box “keyword” tentunya harus dalam bahasa Inggris, tapi kalau box ini tidak diisi juga tidak masalah. Setelah itu ketikkan kota tempat domisili kantor atau tempat pekerjaan yang Anda inginkan di box “location”. Di bawahnya ada pilihan lookup, gunanya untuk mengetahui apakah lokasi atau nama kota yang Anda masukkan di box “location” masuk dalam pencarian Social Jobs Partnership atau kelima situs lowongan kerja di atas. Di sampingnya, ada pilihan radius atau jarak alamat kantor dari pusat kota.

Setelah itu kita beralih ke scroll box di sampingnya yang memuat kategori pekerjaan seperti yang telah disinggung di atas. Pilih salah satu kategori yang diinginkan, niscaya akan muncul subkategori yang sesuai di sebelahnya. Pilih salah satu subkategori tersebut untuk mendapat hasil yang spesifik, namun jika tidak berminat bukan menjadi masalah. Tahap selanjutnya klik search job dan akan muncullah kantor-kantor yang membutuhkan tenaga kerja sesuai dengan kualifikasi Anda.
Tidak puas dengan hasil pencariannya? Tenang, masih ada empat situs lain yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan. Hal ini bisa Anda tentukan sendiri di menu yang menyediakan lima situs penyedia jobs information. Apalagi ada total 1. 733. 231 perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Setelah hasil pencariannya muncul, klik perusahaan yang dirasa cocok dengan kualifikasi dan keinginan. Setelah itu akan terlihat preview dari tempat kerja yang membutuhkan kualifikasi tertentu. Di bagian kanan bawah ada tombol view in, tekan tombol itu dan ia akan menuju ke rincian lengkap tentang perusahaan dan jenis pekerjaan serta syarat-syarat bagi pelamar. Pada bagian paling bawah biasanya ada tombol apply, klik tombol ini dan muncullah form untuk mengisi email. Isi email di form ini untuk tahap selanjutnya, mereka akan membalas, apakah cocok atau tidak.
Namun bagi MJEers yang ingin mencari pekerjaan di tanah air tampaknya harus bersabar dulu, karena aplikasi ini belum memuat kantor dari Indonesia yang membutuhkan pekerjaan. Tapi jika Anda memang berminat untuk bekerja di luar negeri, apa salahnya mencoba aplikasi ini. Tentunya kemampuan berbahasa Inggris yang baik sangat dibutuhkan untuk melamar di perusahaan asing.
Mungkin di suatu saat nanti mencari pekerjaan tidak lagi harus mengantre berjam-jam, berpanas-panas ria, mengurus surat ini-itu kesana kemari, karena sekarang Anda bisa mencari pekerjaan sambil mengupdate status. Seperti slogan aplikasi ini, segera login ke Facebook sekarang juga, pergi ke aplikasi ini, dan temukan pekerjaan Anda.

facebook.com
cnet.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s