Cara Meremote komputer dari jarak jauh

1. Dengan Software TeamViewer

Software paling gampang dan aman untuk me-remote sebuah komputer yang berada jauh dari komputer kita. Misalnya saya sedang di rumah ingin melihat tampilan komputer di rumah teman yang lokasinya jauh banget, di seberang pulau sana. Pakai TeamViewer saja. Software yang satu ini sederhana, cepat, aman, dan yang paling penting gratis – untuk pemakaian pribadi dan non-komersil -. Untuk meremote software ini membutuhkan akses jaringan, seperti LAN untuk komputer satu jaringan, atau akses internet untuk komputer lain jaringan.

Cara pakainya juga gampang. Ada dua pilihan menjalankannya, diinstal dulu atau bisa juga langsung dijalankan. untuk lebih praktis, 


, pilih Run saja.

Kemudian sesi remote anda langsung dibuat otomatis. Sesi ini berisi ID dan password. Jika anda ingin teman anda yang masuk ke komputer anda, anda tinggal memberitahu ID dan password kepada teman anda. Tapi jika anda yang ingin masuk ke komputer teman anda, maka teman anda yang harus memberitahu ID dan passwordnya untuk anda hubungi. Pertama masukkan ID komputer tujuan.

Lalu masukkan passwordnya.

Jika ID dan password yang dimasukkan benar, komputer yang kita ingin remote akan tampil.

2. Dengan Software Radmin

Bagi temen-temen, mungkin sudah tahu mengenai aplikasi seperti VNC, PC Anywhere, dl. Aplikasi – aplikasi tersebut bisa digunakan untuk meremote komputer dari jarak jauh syarat utamanya asalkan komputer terhubung dengan jaringan seperti Internet, LAN atau WAN hal ini berguna apabila kita ingin melakukan semacam troubleshooting, atau hanya sekedar untuk melihat-lihat saja.

Kali ini saya akan sedikit membahas tentang instalasi Radmin yang juga salah satu aplikasi untuk meremote pc (Artikel seperti ini mungkin sudah sering dilihat, jadi artikel ini buat yang belum tau aja, yang udah tau lewatkan saja artikel ini)

Langkahnya yaitu:

1. Install aplikasi Radmin server pada komputer yang akan diremote – jalankan program Radmin 3.1 server (rserv31) – Klik next, klik accept, klik install-finish

2. Jika sudah selesai lanjutkan dengan konfigurasi – klik permissions-pilih Radmin security-klik permission – klik add user, masukkan user name dan password yang anda inginkan – klik Allow pada All Access,klik OK, OK, Klik Exit

3. Konfigurasi firewall diPC tersebut – klik Start – Settings – Control Panel, windows firewall – tab exception, klik add port – pada kotak name masukkan “Radmin” (tanpa tanda kutip) – pada kotak port number dengan “4899″, (tanpa tanda kutip), klik Ok – jika program radmin sudah masuk di list exception klik Ok

4. Install aplikasi Radmin viewer di PC yang akan meremote – jalankan file radmin viewer (rview31) – klik tomobil Add New Connection – masukkan nama PC yang anda inginkan dan isi juga IP address pc tersebut, OK – lalu double klik pada pc yang ingin dikendalikan.

5. Pc sudah bisa dikendalikan – jalankan program Radmin viewer – double click pada gambar PC yang ingin anda kendalikan. – Masukkan username dan password yang telah dibuat – komputer sudah bisa di remote

Atau anda juga bisa melihat demo video di situs http://www.radmin.com if u re not make it find it by ask to google and let it ur self to explore your brain download Radmin 3.1 di sini 

3. Remote Dekstop tanpa software

Pada sesi sebelumnya, telah saya ulas cara men-setting komputer agar bisa diakses dari jarak jauh dengan Remote Desktop. Dalam ulasan tersebut kita telah dikenalkan dengan terminologi dua jenis komputer yang akan kita pakai: pertama, komputer yang akan diakses/di-remote disebut sebagai komputer Host. Komputer ini saya misalkan sebagai komputer Anda di Kantor. Kedua, komputer yang akan digunakan untuk mengakses/me komputer Host. Komputer ini disebut sebagai komputer Klien. Klik di sini jika Anda masih perlu mengingat kembali ulasan singkat ini.

Selanjutnya, Agar Anda bisa terhubung dengan komputer di kantor Anda bisa melakukan koneksi melalui komputer manapun yang memiliki koneksi internet dengan langkah berikut:

1. Dari komputer klien klik Start > All Programs > Accessories. 

2. Dalam menu Accessories > Communications > klik Remote Desktop Connection.

3. Dalam boks Computer yang muncul, ketik nama komputer Host yang telah kita tentukan sebelumnya. Bagi Anda yang memiliki komputer dengan koneksi LAN atau internet selain tanpa dukungan VPN Anda perlu memasukkan IP Address komputer yang akan Anda remote. 

4. Klik Connect. 

5. Setelah dialog box Log On to Windows muncul, ketik Username, password dan domain (jika diperlukan), akhiri dengan klik OK.

Jika koneksi Anda berhasil, Windows akan menampilkan jendela sama persis seperti desktop komputer yang Anda Remote. Anda bisa melihat desktop, program, mengakses file, dan semua resource komputer Host seolah Anda sedang berada di depan komputer tersebut. Pada saat ini komputer yang Anda remote akan terkunci dan tidak memiliki hak akses apapun tanpa mengetahui password Administrator. O ya, sebagai tambahan, tidak akan ada yang dapat melihat bahwa komputer Kantor Anda sedang Anda akses dari jarak jauh.

Untuk mengakhiri sesi Remote Desktop, Anda tinggal lakukan:

1. Klik Start > Log Off (di bagian bawah Start menu)

2. Klik Log Off pada jendela konfirmasi. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s