Mempercepat Browsing dengan Mematikan QoS Packet Scheduler

Pada saat kita melakukan browsing internet, sering kita merasa sebel karena koneksi internet yang kita pakai terasa lambat, terlebih lagi kebutuhan tersebut bersifat mendesak untuk menyelesaikan tugas yang harus anda kerjakan. Trik ini memang tidak akan melipat gandakan kecepatan dari koneksi internet, tetapi setidaknya ini akan sedikit mempercepat koneski internet yang kita pakai.
Pada tips kali ini, kita akan mencoba mematikan salah satu  pada Windows yang secara umum tidak dipergunakan untuk kebutuhan umum yaitu QoS Packet Scheduler. QoS merupakan kependekan dari Quality of Service, disediakan system operasi windows dengan tujuan untuk memastikan jaringan dapat berjalan dengan lancar. Tetapi pada implementasinya paket ini memakan resource dari bandwidth anda sampai dengan 20%, sehingga bandwith anda sbesar itu akan terbuang sia-sia oleh QoS Packet Schduler.
Jika koneksi internet yang anda pakai memang sangat lambat, ini bukanlah solusi utama untuk mengatasi masalah. Anda harus menghubungi pihak Administrator jaringan yang mengurusi koneksi di tempat anda atau menghubungi pihak Internet Service Provider langganan anda untuk meningkatkan bandwidth yang lebih baik. Tentunya, anda harus mengupgrade layanan yang anda pakai.
Langkah-langkah untuk mematikan QoS pada Windows XP adalah sebagai berikut :
  • Login sebagai Administrator atau user yang setingkat dengan Administrator pada saat baru masuk Windows
  • Klik Start, Control Panel dan klik Network Connections
  • Klik kanan jenis koneksi yang anda gunakan, kemudian klik Properties (Ini bagian yang penting, jadi jangan salah untuk memilih koneski yang anda pakai)
    Tips Mempercepat Browsing dengan Mematikan QoS Packet Scheduler
  • Setelah keluar jendela baru, hilangkan tanda check pada bagian QoS Packet Scheduler
    Tips Mempercepat Browsing dengan Mematikan QoS Packet Scheduler
  • Kemudian klik OK dan tutup semua jendela yang telah anda buka sebelumnya
Untuk versi Windows yang lain, mungkin akan berbeda langkah-langkah kerjanya. Tetapi intinya, anda harus menemukan konfigurasi yang anda pakai untuk koneksi internet dan mematikan QoS Packet Scheduler. Apabila anda masih kesulitan untuk mematikan QoS Packet Scheduler di komputer yang anda pakai, silahkan tinggalkan komentar di postingan ini, kami akan coba membantu mencari solusinya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s