Tampilan Baru Edit HTML di Blogger 2013

 Mengenal Tampilan Baru Edit HTML di Blogger 2013, mulai tanggal 10 April kemaren tampilan editing HTML blogspot ada pembaruan yanng mendadak tanpa pemberitahuan dor to dor ke pengguna Blogger jadinya kita kita agak gelabakan ketika akan mengelola tampilan tamplate blog. banyak temen temen yang bertanya dan mengeluh masalah tampilan baru tersebut, dan akhirnya saya buka buka pelajaran sekolah lagi dan sedikit menerapkan ilmunya di Edit HTML tampilan baru ini, nah agar pengulangan belajarku ini gak sia-sia maka aku bagikan di kesempatan postingan kali ini, moga aja ada manfaatnya….
Lanjut………. 
Kalo penilaian pribadi untuk tampilan baru ini sebenarnya lebih efisien dan lebih mempermudah penggunaBlogspot akan tetapi bagi yang awam di bidang HTML dan sejenisnya tampilan ini agak merepotkan juga.
Silahkan Simak Gambar Berikut :

Keterangan Fungsi Menu:
  1. Kembali : menu untuk kembali ke menu TEMPLATE
  2. Simpan Tamplate : menu untuk SIMPAN perubahan pada TEMPLATE
  3. Lompat ke Widgat : menu ini merupakan fitur baru yang akan banyak membantu, yaitu LOMPAT ke kode WIDGET
  4. Edit Tamplate dan Pratinjau Tamplate : menu TOGGLE MODE untuk melihat versi HTML dan melihat versi tampilan browser
  5. Kembalikan template widgate ke default : merupakan menu untuk menghilangkan perubahan yang sudah anda lakukan dalam satu pengeditan
  6. Format template : menu ini untuk mengembalikan perubahan yang sebelumnya sudah anda lakukan tapi hilang karena pemformatan
  7. Kembali perubahan : Menu untuk mengembalikan widget ke setingan default

sebenarnya untuk menu-menu tidak banyak perubahan, hanya yang perlu di perhatikan bagi sobat adalah Menu lompat ke widget dan panah-panah kecil berwarna hitam pada baris kode.

MARI KITA BAHAS SATU PERSATU
~ MENU LOMPAT KE WIDGET
Menu ini akan sangat membantu sobat untuk menuju kode dari suatu widget di template blog sobat. Ketika kita mengklik menu tersebut dan terbuka dropdown untuk melompat ke kode HTML widget yang di inginkan.

selanjutnya sobat akan melihat tampilan kode yang dipadatkan dalam lipatan yang ditandai dengan ►(panah hitam kecil)

Fungsi Tombol Panah Hitam KecilTombol ► (panah hitam kecil) ini adalah fitur baru yang akan membuka setiap kode menjadi lebih detail lagi. Kalau ternyata setelah anda klik masih ada tombol panah hitam lagi di dalamnya, maka klik lagi tombol panah hitam itu sampai semua kode widget yang anda inginkan terbuka penuh.

Jika sudah terbuka semua sekarang kita sudah bisa mengedit kode pada widget tersebut.

PENGGANTI EXPAND WIDGET TEMPLATE DI EDIT HTML TEMPLATE BLOGSPOT TAMPILAN BARU

Disini kita mengalami kerepotan yang cukup mengganggu ketika harus mengedit sebuah kode yang sangat panjang dan mempunyai begitu banyak panah kecil hitam. Nah saat itulah sobat pasti berharap tombol expand widget template masih ada di sini.

Okey Sebenarnya ada cara atau trik untuk menampilkan semua kode HTML agar proses edit bisa berjalan lebih cepat. nah bagaimana caranya….?? silahkan simak trik berikut

    Klik kursor di dalam barisan kode yang sobat suka
    Tekan CTRL+A untuk mengeblok semua kode
    Tekan CTRL+C untuk mengcopy semua kode
    Tekan tombol DEL pada keyboard untuk menghapus semua kode, dan
    Terakhir tekan CTRL+V untuk mempaste semua kode

Maka kode yang dipaste tersebut akan terbuka penuh dan tidak ada panah hitam kecilnya, jadi hasilnya hampir sama dengan tombol checkbox EXPAND WIDGET TEMPLATE yang ada pada EDIT HTML template blogspot tampilan lama.

Sobat tetap bisa memakai menu LOMPAT KE WIDGET saat semua kode sudah dijabarkan, jadi ini akan membantu anda untuk mengedit TEMPLATE.

CARA MENCARI KODE DI EDIT HTML BLOGSPOT TAMPILAN BARU
Kita sudah tidak bisa lagi mencari kode dengan menggunakan CTRL+F pada browser, tapi sebenarnya  CTRL+F masih berfungsi seperti biasa dengan syarat kursor harus berada di dalam wilayah code – code Tamplate caranya klik dulu di wilayah code-code tersebut yang anda suka selanjutnya tekan CTRL+F maka akan muncul kotak pencarian di kanan atas kode, seperti gambar berikut:

Nah kita lihat gambar diatas, ternayata setelah kita tekan Ctrl + F akhirnya muncul juga menu tersebut, dan silahakn sobat ketik code yang akan di cari dan tekan Enter selajutnya code yang sobat cari akan tampil dan seterusnya sobat tekan enter sampai code yang di cari ketemu.

Demikian sobat postingan sederhana Mengenal Tampilan Baru Edit HTML di Blogger 2013 ini, semoga bisa membantu sobat sekalian dalam mengedit tampilan Tamplate blog. Terima kasih……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s