Cara Pengurusan NUPTK

Cara Pengurusan NUPTK
Syarat memiliki NUPTK
Persyaratan standar minimal tentang PTK yang bisa dijaring baik pendidikan Formal maupun Non Formal untuk mendapatkan NUPTK
Syarat Umum
  • WNI dan WNA yang sudah naturalisasi
  • Menjadi Pendidik (melakukan tatap muka di depan kelas) dan Tenaga Kependidikan (menunjang proses pendidikan) baik pada pendidikan formal maupun non formal, PNS maupun non PNS dan baik dibawah binaan Kemdiknas maupun Kemenag.
Syarat Khusus : 
PTK Pendidikan Formal
  • Untuk PNS/CPNS yang dibuktikan dengan bukti SK Penetapan sebagai Guru/Pendidik untuk segera dilakukan proses pendataan berdasarkan bukti fisik pendukung.
  • Untuk Non PNS pendataan usulan baru dilakukan maksimal 2 (dua) kali dalam setahun (pada bulan Juni dan Desember menjelang awal semester) dengan syarat : Minimal telah memiliki masa kerja 2 tahun yang dibuktikan dengan SK Penugasan dari lembaga yang berwenang.
PTK Non Formal
Pengusulan NUPTK bagi PTK-PNF dengan syarat :
  • Sampai akhir tahun 2010 semua PTK PNF segera dimasukkan ke dalam database SIM NUPTK- PNF untuk diproses generate NUPTK.
  • Mulai tahun 2011, PTK-PNF yang diusulkan masuk database SIMNUPTK PNF minimal memiliki masa kerja 2 tahun (TMT minimalbulan Juli tahun 2009).
  • Lembaga/instansinya terdaftar di dinas pendidikan setempat
Tips Melihat NUPTK
Caranya adalah mengunduh NUPTK Web Browser.  Web Browser yang khusus diperuntukkan untuk mengakses database NUPTK Online yang berisi database PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Indonesia yang bertugas baik didalam Negeri maupun di Luar Negeri Proses Update data hanya diperuntukkan bagi Pengguna yang sudah diijinkan memiliki Akun NUPTK. Untuk memakai fasilitas ini, silahkan Unduh Gratis Aplikasinya DISINI
CARA 2, Cepat dan Akurat
Menggunakan program bernama SIM NUPTK (Sistem Informasi Manajemen NUPTK) yang diberikan oleh operator tingkat Kota. Untuk di kabupaten sekarang operator sudah langsung memberikan programnya tanpa harus mengisi form. Mengapa mengajukan menggunakan SIM NUPTK yang dirilis tahun 2006 lebih mudah dan cepat tidak perlu bolak-balik.
Bagii para guru dan tenaga kependidikan yang ingin atau baru mengajukan NUPTK, mintalah program SIM NUPTK (jangan lupa membawa flashdisk untuk mengcopy dari operator kota/kabupaten). Sehingga anda tidak perlu bolak-balik menyerahkan form yang hilang dan lupa (dilupakan) oleh operator. Dengan menggunakan SIM NUPTK anda bisa menghemat tenaga dan waktu untuk mengurus NUPTK. Selamat mencoba. Untuk program SIM NUPTK terbaru adalah versi SIM NUPTK 8.1 (MS SQL Server). Terakhir, mengajukan NUPTK gratis tidak ada pungutan biaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s