Guru Bersertifikat Was-Was Karena Dapodik Belum Valid

Guru Bersertifikat Was-Was Karena Dapodik Belum Valid:

Saya kira, bukan hanya saya saja yang mengira bahwa tadinya Dapodik tidak begitu penting. Pada mulanya Dapodik dianggap hanya sebuah formalitas belaka. Namun dengan kian santernya dibicarakan, dapodik menjadi begitu berharga. Apa sebabnya dan sejak kapan Dapodik menjadi penting? Sebabnya ialah Dapodik telah menjadi basis data dan sumber informasi dan sejak itu pula Dapodik berpengaruh dan sangat sinkron dengan kepentingan berbagai tunjangan maupun bantuan sekolah ataupun PTK.

Dari beberapa artikel tentang Dapodik yang saya tulis di RodaJaman, sebenarnya itu sebagai ajang tukar pikiran dan sharing dengan sekolah lain, para guru/PTK, dan para operator dapodik sekolah. Dengan sharing ini, Alhamdulillah, dapat menambah pengalaman, menambah ilmu, menambah teman, juga menambah trafik. Terus terang saja, data PTK kami pun pada mulanya banyak yang tidak valid. Namun dengan sabar, teliti, cermat, dan terus berusaha memperbaiki kesalahan maka akhirnya data kami semuanya sudah benar dan sudah memenuhi syarat untuk menerima SK Tunjangan Profesi.

Membaca ratusan pertanyaan dan komentar yang masuk di blog ini maupun lewat email, rata-rata mereka banyak yang kurang mengerti dan memahami. Kurang memahami Dapodik, kurang mengerti Aplikasi Pendataan Sekolah, kurang memahami proses kerja sistem, kurang mengerti proses sinkronisasi dapodik serta kurang memahami mengenai ketentuan dan persyaratan guru bersertifikat. Saya prihatin dengan rekan-rekan yang hingga saat ini masih saja datanya bermasalah. Tapi maklum saja, ini akibat kurangnya informasi, kurangnya tutorial, dan kurangnya koordinasi, baik koordinasi dengan instansi terkait, koordinasi antar pimpinan sekolah, koordinasi antar sesama guru/PTK, koordinasi antar sekolah, dan koordinasi operator dapodik. Namun, cobalah bersikap sabar, teliti, pelajari, dan cermati. Karena menghadapi verifikasi dapodik perlu pemahaman dan juga kesabaran.

Berkaitan dengan guru yang sudah sertifikasi, wajarlah kalau merasa was-was, karena ada yang mengatakan, sistem tidak akan mentolerir bagi PTK yang tidak memenuhi syarat menerima SK Tunjangan Profesi akibat tidak validnya data Dapodik. Karena ada juga yang mengatakan SK akan diterbitkan bertahap, dan katanya tunjangan akan langsung ditransfer dari pusat berdasarkan SK. Sampai saat ini memang belum ada pemberitahuan resmi mengenai status verifikasi data dari P2TK, apakah akan berpengaruh langsung terhadap penerbitan SK.

Yang penting kita jangan meremehkan hal yang sudah menjadi kebijakan. Saya rasa Dapodik ini tidak main-main. Saya agak miris kalau ada yang mengatakan sistem amburadul, menyusahkan, telalu mendadak, dan bla bla bla. Buktinya, data yang valid lebih banyak daripada yang belum valid. Dan sebenarnya, pendataan ini sudah berjalan sejak 1 tahun yang lalu. Yang jelas, mereka para ahli di pusat, sudah berusaha untuk menyukseskan pendataan dan verifikasi data guru ini. Semoga tidak ada lagi rekan guru/PTK yang masih bingung menghadapi datanya yang tak kunjung valid. Terimakasih. salam rodajaman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s